Materi Soal dan Model Pertanyaan UNBK Bahasa Inggris 2019






MATERI SOAL READING COMPREHENSION UJIAN NASIONAL 2019
A.           TEKS FUNGSIONAL PENDEK
1.              Announcement (Pengumuman)
2.              Invitation (Undangan)
3.              Letter (Surat)
4.              Label
5.              Notice (Peringatan)
B.            Teks
1.             Descriptive
2.             Recount: biography, experience
3.             Procedure
4.             Report
5.             News Item


MODEL PERTANYAAN READING COMPREHENSION UJIAN NASIONAL
A.           GAMBARAN UMUM ATAU TOPIK BACAAN
Gambaran umum atau topic suatu teks berisi informasi tentang isi teks secara keseluruhan (bersifat umum atau general). Jawaban soal seperti ini dapat diketahui dari memahami isi teks.
Dalam bahasa Inggris, model tipe soal seperti itu dapat ditandai dengan pertanyaan:
1.             What is the topic of the text?
2.             The topic of the text is …
3.             What is the text about?
4.             The text is about …
5.             What is the text mainly about?
6.             The text is mainly about …
7.             What does the text tells us about?
8.             The text tells us about …
9.             What does the text talk about?
10.         The text talks about …
11.         The text is talking about …
12.         What is the subject of the text?
13.         The subject of the text is …
Strategi:
a.              untuk bisa menjawab model soal seperti ini, Anda harus membaca isi teks secara keseluruhan hingga paham.
b.             Tariklah pernyataan khusus menjadi pernyataan umum. Pernyataan umum itulah menjadi topic atau gambaran umum teks.
Contoh:
Anbiya usually wakes up at 4 a.m. After that, he prays together in mosque. Then, he takes a bath about 5 a.m. After that, he eats breakfast and goes to school at 06.00. He studies in school about 6.30 till 3 p.m from Sunday to Friday. He spends his weekend to fish and play football with his friend.
What is the topic of the text above?
A. Anbiya’s daily activity
B. Anbiya’s hobby
C. Anbiya is diligent student
D. Anbiya is smart.
Untuk bisa menentukan topic teks, maka tariklah PERNYATAAN KHUSUS seperti: wakes up (bangun), prays (sholat), takes a bath (mandi), eats breakfast (sarapan), goes to school (pergi ke sekolah), studies (belajar), fish (mancing), play football (bermain sepakbola) harus kita tarik menjadi PERNYATAAN UMUM: yakni kegiatan sehari-hari (Daily Activity). Jadi jawabannya adalah A,
B.            TUJUAN KOMUNIKATIF
Dalam bahasa Inggris, model soal seperti ini dapat ditandai dengan pertanyaan:
1.             What is the purpose/goal/aim/intention/objective of the text?
Apakah tujuan teks tersebut?
2.             The purpose/goal/aim/intention/objective of writing the text is …
Tujuan penulisan teks tersebut adalah …
3.             Why is the text written?
Mengapa teks tersebut ditulis?
4.             Why did the writer write/compose the text?
Mengapa penulis menulis teks tersebut?
5.             The text is written to …
Teks tersebut ditulis untuk…

Strategi:
a.              Anda harus selalu ingat kalau model soal ini biasanya menggunakan kata kunci seperti: purpose, goal, aim, intention, objective, aim yang artinya adalah: tujuan. Namun tidak menutup kemungkinan, model soalnya menggunakan model pertanyaan seperti nomor 2 hingga 5 di atas. PADA INTINYA: MODEL SOAL 1 SAMPAI 5 DI ATAS ITU MENANYAKAN TUJUAN PENULISAN TEKS.
b.             Untuk bisa memilih jawaban dengan tepat, Anda harus paham tujuan dari setiap jenis teks. Berikut rangkuman tujuan teks:
1)                  Announcement (Pengumuman)
Tujuan: to announce … (untuk mengumumkan …), to inform (untuk menginformasikan )
2)                  Invitation (Undangan)
Tujuan: to invite … (untuk mengundang)
3)                  Application Letter (Surat Lamaran Kerja)
Tujuan: To apply a position… (untuk melamar jabatan …)
4)                  Notice (Peringatan)
Tujuan: to notice/to warn… (untuk memperingatkan)
5)                  Descriptive Text
Tujuan: Its purpose is to describe and reveal a particular person, place, or thing. (Untuk mendeskripsikan dan menyatakan deskripsi orang, tempat, atau benda).
6)                  Recount Text
Ada dua tipe recount text, yakni: biography dan experience (pengalaman).
Tujuan biography:
·               To know a person’s story about his/her life outside of any accomplishments this person may be known for. Untuk mengetahui kisah seseorang tentang kehidupannya di luar pencapaian apa pun, orang ini mungkin dikenal.
·               To give much information easily and educate the readers. Untuk memberikan banyak informasi dengan mudah dan mendidik para pembaca.
Teks biographi biasanya mengangkat nama-nama tokoh penting dan terkenal, seperti: B.J Habibie, Mark Zuckerberg, Albert Einstein, dll.

Tujuan recount text yang berisikan pengalaman (experience): to tell about the writer’s experience. Untuk menceritakan pengalaman penulis.
Contohnya: went to Singapore, Having holiday in Jurug Zoo, dll.
7)      Procedure Text (Teks Prosedur)
Tujuan:
– To explain/tell (the reader) how to make/operate/do something through a sequence of actions or steps. Untuk menjelaskan bagaimana cara membuat/mengoperasikan/menjalankan sesuatu melalui urutan tindakan atau langkah.
– To explain steps/instruction to make/operate/do something. Untuk menjelaskan langkah-langkah/instruksi untuk membuat/mengoperasikan/menjalankan sesuatu.
8)      Report Text
Tujuan: presenting information about something. They generally describe an entire class of things, whether natural or made: mammals, the planets, rocks, plants, countries of region, culture, transportation, and so on.  Memberikan informasi sesuatu objek, contoh: mamalia, planet, batuan, tanaman, negara, kota, dll.
9)      Narrative Text
Tujuan: to entertain the readers ..... Untuk menghibur pembaca ...
Contoh: Malin Kundang, Cinderella, Harry Potter, dll.
10)  News Item Text
Tujuan: to give the readers about news worthy event . Untuk memberikan berita penting kepada pembaca.

C.           MAKNA KATA/PHRASE/UNGKAPAN
Model soal seperti ini biasanya ditandai dengan pertanyaan:
1.             What is the synonym of the underlined word?
2.             What is the synonym of the word “...”?
3.             The underlined word can be replaced best by ...
4.             What is the similar meaning of the underlined word?
5.             The underlined word is closest meaning to ...
6.             What is the closest meaning of the underlined word?
7.             The underlined word is most closely associated to ...
Strategi:
a.              Perhatikan kata yang dicetak miring. Kata yang dicetak miring bisa menjadi kata kunci kalau soal itu menanyakan sinonim (persamaan makna).
b.             Model soal ini tidak hanya menanyakan makna kata, tetapi bisa juga phrase, dan ungkapan.
Apa yang di maksud kata? Kata adalah gabungan dari beberapa huruf. Contoh: kata “good” terbentuk dari huruf g,o,o, dan d. Kata good bisa memiliki sinonim: excellent, great, nice yang berarti baik.

Apa yang dimaksud phrase? Phrase adalah gabungan dari lebih satu kata. Contoh phrase “good looking” terbentuk dari kata good dan looking, yang artinya: berpenampilan menarik. Phrase good looking bisa memiliki persamaan dengan handsome, beautiful, gorgeous, pretty.

Apa yang dimaksud dengan ungkapan? Ungkapan merupakan gabungan kata yang maknanya sudah menyatu dan tidak ditafsirkan dengan makna unsur yang membentuknya.
Contoh ungkapan “think out of the box” berpikir di luar kotak bisa bermakna “think imaginatively with new idea” berpikir secara imajinatif dengan ide baru.


D.           REFERENSI MAKNA
Model soal ini biasanya ditandai dengan kata kunci “refer to”.
Contoh soal:
I and my family went to Marlioboro last week. We bought some souvenirs there.

The word “we” in sentence “We bought some souvenirs there” refer to...
A. I and my family
B. Marlioboro
C. Last week

Subject “we” menggantikan “I and my family”.
Strategi:
Ini adalah soal paling mudah, untuk bisa menemukan jawaban yang tepat, bacalah kalimat yang mendahuluinya. Biasanya jawabannya ada disitu.

E.            PIKIRAN UTAMA PARAGRAF
Model soal seperti ini biasanya ditandai dengan:
1.             What is the main idea of the second paragraph?
2.             The paragraph two tells us about ...
Strategi: pikiran utama suatu paragraf biasa terletak di awal (deduktif) atau akhir kalimat (induktif) pada paragraf tersebut. Anda bisa mengetahui pikiran utama pargraf ini dengan menarik kesimpulan dari isi paragraf tersebut.

F.            KESIMPULAN DARI TEKS YANG DIBACA
Model soal seperti ini biasanya ditandai dengan:
1.             According to the text, we can conclude that ...
Menurut teks tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa ...
2.             What is the conclusion of the text?
Apakah kesimpulan dari teks di atas?
3.             We can infer from the text that ...
Kita dapat menyimpulkan teks tersebut bahwa ...
4.             From the text, we can say that ...
Dari teks tersebut, dapat kita katakan bahwa ...
5.             From the text, we may conclude that ...
Dari teks tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa...
6.             What can we conclude from the text?
Apa yang bisa kita simpulkan dari teks tersebut?
Strategi: perhatikan kata yang dicetak miring. Kata yang dicetak miring tersebut merupakan kata kunci kalau soal tersebut berupa model soal “menarik kesimpulan dari teks yang dibaca.” Untuk bisa mendapatkan jawaban yang tepat, Anda harus membaca seluruh isi teks, lalu menarik hal-hal yang bersifat khusus menjadi umum.

G.           AKIBAT/EFEK/DAMPAK SETELAH MEMBACA TEKS
Bentuk pertanyaan dari soal model ini:
1.             After reading the text, the readers/people will ...
Setelah membaca teks, pembaca/masyarakat akan ...
2.             What will the reader/people do after reading the text?
Apa yang akan pembaca/masyarakat lakukan setelah membaca teks?
3.             What should we do after reading the text?
Apa yang harus kita lakukan setelah membaca teks?
Strategi: untuk bisa menjawab model soal seperti ini dengan tepat, Anda harus memahami isi teks.



























0 comments:

Post a Comment