Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Suggestion and Offer

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran: Bahasa Inggris 

Sekolah: ABCD

Kelas/Semester: XI/ Gasal 

Materi Pokok: Suggestion and Offer 

Alokasi Waktu: 6 JP

Kompetensi Dasar: 

3.13 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.13 Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Indikator Pencapaian Kompetensi: 

3.13.1 Mengidentifikasi  fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks tentang meminta dan memberi saran dan tawaran sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.13.2 Membedakan  fungsi sosial, struktur teks dan unsur bahasa dari berbagai ungkapan mengenai memberi dan meminta informasi tentang saran dan tawaran sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.13.1 Menyusun teks lisan dan tertulis mengenai meminta dan memberi saran dan tawaran dengan menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.13.2 Mengkomunikasikan secara lisan dan tertulis ungkapan tentang meminta dan memberi saran dan tawarandengan menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai dengan konteks penggunaan

A. Tujuan Pembelajaran

Dengan melalui pembelajaran problem based learning, peserta didik dapat Menemukan fungsi sosial teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terakait saran dan tawaran sesuai dengan konteks penggunannya. Menemukan  struktur teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terakait saran dan tawaran sesuai dengan konteks penggunannya. .Menemukan unsur kebahasaan interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran dengan tepat sesuai dengan konteks penggunannya. Mampu membuat dialog dan mempraktekannya dengan percaya diri di depan kelas.

B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model Discovery learning)


KegiatanPendahuluan

·       Melakukanpembukaandengansalampembukadanberdoauntukmemulaipembelajaran,memeriksakehadiran

·       Mengaitkanmateri/tema/kegiatanpembelajaranyangakandilakukandenganpengalamanpesertadidikdenganmateri/tema/kegiatansebelumnyasertamengajukanpertanyaanuntukmengingatdanmenghubungkan

·       MenyampaikanprokesCovid 19 danmotivasitentangapayangdapatdiperoleh(tujuan&manfaat)denganmempelajarimateri:

·       Menjelaskanhal-halyangakandipelajari,kompetensiyangakandicapai,sertametodebelajaryangakanditempuh.

 

KegiatanInti

Pertemuan 1

·      Mengamati  teks lisan dan tulis tentang meminta dan memberi saran dan tawaran yang adadalam E-learning SMK Penda 3 maupun yang ditampilkan/disampaikanlangsungoleh guru;

·      Menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur bahasa tentang  meminta dan memberi saran dan tawaran yang terdapat dalam teks;

Pertemuan 2

·      Mengumpulkan data mengenai  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai contoh teksmeminta dan memberi saran dan tawaran;

·      Mendiskusikan dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai teks meminta dan memberi saran dan tawaran;

Pertemuan 3

·      Menerapkan struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks meminta dan memberi saran dan tawaran ke dalam latihan lisan dan tertulis dengan tepat sesuai dengan konteks penggunaan;

Pertemuan 4

·      Menyusun teks lisan dan tulis tentang ungkapan mengenai teks meminta dan memberi saran dan tawaran terkaitdengankegiatan di bengkel ACdengan menggunakan struktur teks dan unsur bahasa yang tepat sesuai konteks penggunaan;

·      Mengkomunikasikan ungkapanmeminta dan memberi saran dan tawaran secara lisan dan tulis terkaitdengankegiatan di bengkel ACdengan menggunakan struktur teks dan unsur bahasa yang tepat sesuai konteks penggunaan

 

KegiatanPenutup

·     Pesertadidik dan guru merefleksikegiatan pembelajaran.

·     Pesertadidik dan guru menarikkesimpulan darihasilkegiatanPembelajaran.

·  GuruMemberikanpenghargaan(misalnyaPujianataubentukpenghargaanlainyang

·     Relevankepada kelompokyang kinerjanyaBaik.

·     Menugaskan Peserta didik   untuk terus mencari informasdimana saja yang  berkaitan dengan materi/pelajaranyangsedang atau yang akan  pelajari.

·     Guru menyampaikan materipembelajaran berikutnya.

·     Guru menutup kegiatanpembelajaran denganmengucapkansalamdan doa.

 

C. Penilaian

1.       Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang sikap kritis, kerja sama, dan komunikatif.

2.       Pengetahuan: Tes tulis bentuk uraian tentang isi, pernyataan umum dan langkah-langkah pada teks interaksi transaksional saran dan tawaran.

3.       Keterampilan : presentasi hasil diskusi mengenai isi, pernyataan umum dan langkah-langkah pada teks transaksional saran dan tawaran.


 A. LAMPIRAN MATERI

Fungsi Sosial

Ungkapan – ungkapan yang berkaitan dengan memberi dan meminta informasi tentang saran dan tawaran sesuai dengan konteks penggunannya .

 

Struktur teks

Giving Suggestion

You had better wake up early.

You should learn English hardly.

Why don’t you go to the doctor?.

How about swimming this afternoon?.

Asking for Suggestion

Can you tell me what should i do?

Do you have any idea?

Would you mind giving me your suggestion?

Giving  Offering

Would you like me to take you home?

May i help you to bring your luggage?

Do you mind if i give you a cup of coffee?

Responses

Accepting Sugestion

Thats a good idea

Thank you

I think you are right.

Thats very kind of you.

Refusing Suggestion

Thanks for your suggestionbut i thnk i can’t do that

Sorry but that won’t work

I don’t think it’s a good idea

Refusing offering

No,thank you

Sorry,I can’t

Sorry,I think...

Thanks,but ...

Please don’t bother yourself

 

Unsur Kebahasaan

-   Ungkapan yang menunjukkan saran dan tawaran, dengan modal should dan can

-   Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.

B. INTRUMEN PENILAIAN SIKAP

Nama Satuan pendidikan        : ABCD

Tahun pelajaran                       : 2021/ 2022

Kelas/Semester                     : XI/ Gasal

Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris

 

NO

WAKTU

NAMA

KEJADIAN/

PERILAKU

BUTIR SIKAP

POS/

NEG

TINDAK LANJUT

1

2

3

4

5

2

7

8

 

C. INSTRUMEN TES TERTULIS

Satuan Pendidikan         :       ABCD

Mata Pelajaran              :        Bahasa Inggris

Kelas/ Semester              :        XI/ Gasal

Kompetensi Dasar         :       

3.13     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, sesuai dengan konteks penggunaannya.

 

IPK  :                

3.13.1 Mengidentifikasi  fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks tentang meminta dan memberi saran dan tawaran sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.13.2 Membedakan  fungsi sosial, struktur teks dan unsur bahasa dari berbagai ungkapan mengenai memberi dan meminta informasi tentang saran dan tawaran sesuai dengan konteks penggunaannya.      

Materi Pokok                  :       Saran dan Tawaran

 

KISI-KISI PENULISAN SOAL TES TERTULIS

TAHUN PELAJARAN 2019/2020

 

Satuan Pendidikan         : ABCD     

Jumlah Soal                     : 4

Mata Pelajaran                : Bahasa Inggris                                                                     

Penyusun                         : Eko Wahyudi, S.Pd

No. Urut

Kompetensi Dasar

Materi

Kelas/ Smt

Indikator Soal

No. Soal

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, sesuai dengan konteks penggunaannya

Saran dan tawaran

XI/ Gasal

Disajikan teks interaksi transaksional saran dan tawaran, siswa dapa menentukan topik teks.

 

Disajikan teks interaksi transaksional saran dan tawaran, siswa dapat menentukan tujuan penulisan teks.

 

Disajikan teks interaksi transaksional saran dan tawaran, siswa dapat menentukan jenis tenses yang digunakan.

 

Disajikan teks interaksi transaksional saran dan tawaran, siswa dapat menentukan ide utama paragraph.

1

 

 

2

 

 

3

 

 

4

 

 

5

 

LEMBAR INSTRUMENT TERTULIS

 

I.               Read the dilogue below in turn with the student next to you!

Dudi          : Hi,Ardi.Whats your plan this weekend?

Ardi                      : Hello,Dudi.I have no plans at all.

Dudi          : Why don’t you join us to visit the Bandung zoo?

Ardi                      : It’s a good idea.What will we do there?

Dudi          : We are going to see various kinds of animals

Ardi                      : Great!We should bring some food too?

Dudi          : That’s a good idea.

Ardi                      :What would you like to have?

Dudi          : How about nasi timbel?

Ardi                      :That sounds delicious.

Dudi          : What time will we go?

Ardi                      : How about 9 o’clock? Is it convenient for you?

Dudi          : Yes  i agree with you. We will have alot of time to enjoy the place,then.

Ardi                      : Well i think i have to go home now.

Dudi          : By the way, did you get here by motorcycle?

Ardi                      : No, my motorcycle is broken and it is the workshop.

Dudi          : Ok,then why don’t you go home with me?

Ardi                      : Sounds great!Thanks.

 

Answer the questions based on the dialoge above!

1.    What did Dudi suggest to Ardi?

2.    Why did Ardi agree with the Dudi’s offer?

3.    Whats the meaning by “why don’t you go home with me?”

4.    What happened to Ardi’s motorcycle?

5.    Mention some expressions which are used in asking for and giving suggestion or an offer!

 

 

Pedoman Penskoran dan Kunci Jawaban :

No. Soal

Kunci Jawaban

Skor

1

He asked Ardi to join him to visit the Bandung zoo.

2

2

Because he didn’t have any plan to do in the weekend.

2

3

Dudi offered Ardi to go home together.

2

4

The motorcycle was broken,and being repaired in the workshop.

2

5

Why don’t you join us to visit the Bandung zoo?

How about nasi timbel?

why don’t you go home with me?

What will we do there?

2

Jumlah Skor

 

10

Skor Maksimal = 100

 


 

D. INSTRUMEN TES KETERAMPILAN

Satuan Pendidikan       :      ABCD

Mata Pelajaran             :      Bahasa Inggris

Kelas/ Semester            :      XI/ Gasal

Kompetensi dasar        :

4.13 Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

IPK                                  :     

4.13.1 Menyusun teks lisan dan tertulis mengenai meminta dan memberi saran dan tawaran dengan menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.13.2 Mengkomunikasikan secara lisan dan tertulis ungkapan tentang meminta dan memberi saran dan tawarandengan menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai dengan konteks penggunaan.

 

KISI-KISI PENULISAN SOAL TES PRAKTEK

TAHUN PELAJARAN 2021/ 2022

 

Satuan Pendidikan         : ABCD                                            

Jumlah Soal                     : 1

Mata Pelajaran                : Bahasa Inggris                                                                     

Penyusun                         : Eko Wahyudi, S.Pd

No. Urut

Kompetensi Dasar

Materi

Kelas/ Smt

Indikator Soal

No. Soal

1.

4.13 Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

 

Saran dan Tawaran.

XI/ Gasal

Siswa dapat menulis dialog berisikan kalimat saran dan tawaran.

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Soal Penilaian Keterampilan

Write your sugestion or offering  based on the situation below !

1.     The old man  brings  the heavy box.

2.     There is a blind man want to cross the street.What will you offer?

3.     It’s so cold . He gets toothache.

4.      I want to buy the shoes but it is limited edition. Do you have any idea for me?

5.     She wants to have her own money , do you have any idea?

RUBRIK PENILAIAN KETERAMPILAN

No

Unsur yang dinilai

Skor maksimum

1.

Isi gagasan yang dikemukakan

30

2.

Organisasi isi

15

3.

Tata Bahasa

20

4.

Gaya : pilihan struktur dan kosakata

25

5.

Ejaan

10

 

Jumlah

100

Nilai = (Perolehan Skor : Skor Maksimal) x 10


0 comments:

Post a Comment