Strategi Memilih Jurusan Kuliah




Kamu mesti memiliki pemahaman yang sungguh-sungguh di dalam memelilih dan menentukan jurusan kuliah di perguruan tinggi, karena pilihan mu itu akan menentukan masa depan. Agar tidak salah pilih jurusan kuliah, kamu perlu memasang strategi. Apa saja langkah yang bisa kamu lakukan dalam memilih jurusan kuliah? 
A. Menentukan Tujuan Hidup 
Tentukan tujuan hidupmu telebih dahulu sebelum memilih jurusan kuliah. Misalnya, lima tahun kemudian kamu mau berprofesi sebagai apa: dokter, guru, karyawan bank, pegawai swasta, pegawai BUMN, pengusaha. Apapun itu, kamu mesti memikirkan matang-matang profesi yang kamu targetkan sebelum memilih jurusan kuliah. Setelah itu, pilihlah jurusan kuliah yang relevant atau menunjang dengan profesi yang kamu citakan itu. Semisal: untuk menjadi guru bahasa Inggris, tentunya akan lebih relevant jika kita mengambil jurusan Pendidikan bahasa Inggris di fakultas IKIP. Untuk menjadi seorang dokter, tentunya akan lebih relevant jika kamu mengambil jurusan kedokteran di fakultas kedokteran, dsb. 

B. Memahami Kemampuan Dasar 
Untuk bisa mengambil pemahan tentang kemampuan dasar, kamu bisa menilisik track record nilai akademis raport sejak semester pertama kelas X sampai semester terakhir kelas XII. Coba buka kembali nilai raportmu, kemudian tarik kesimpulan, nilai pada maata pelajaran apa yang paling menonjol. Nilai yang paling menonjol itu menunjukkan kemampuan dasar kamu, dengan begitu kamu bisa menyesuaikan dengan jurusan kuliah yang sesuai dengan nilai tertinggi yang kamu peroleh. 

C. Memperhatikan Potensi Bakat, Minat, dan Cita-Cita 
Kamu bisa mengikuti psikotest untuk bisa mengetahui bakat dan minat yang ada pada dirimu pada ahlinya. Selain mengikuti psikotest, kamu bisa merenungkan diri, mengenal lebih dekat dirimu untuk mengambil gambaran apa yang menjadi hobby atau kesukaanmu, apa yang paling berharga pada dirimu, apa yang paling mengesankan pada dirim. Pelajaran yang kamu favoritkan di kelas bisa jadi menunjukkan bakat minatmu. 

D. Memperhatikan Faktor dan Variabel Pendukung 
1. Menyesuaikan Cita-Cita, Minat dan Bakat 
Jika kamu betul-betul sudah mantap dengan cita-citamu, maka perhatikan betul dengan jurusan kuliah yang bisa membawa cita-citamu menjadi nyata. Janganlah memilih jurusan kuliah matematika, jika kamu ingin menjadi guru bahasa Inggris. Sesuaikan jurusan kuliah dengan minat dan bakat yang ada pada diri kamu. Jika kamu menyukai hitung-hitungan, sah-sah saja untuk masuk jurusan kuliah matematika atau fisika. Mengembangkan bakat yang sudah ada pada dirimu disertai dengan rasa suka dan cita-cita pasa jurusan kuliah akan lebih mempermudah jalan studimu nanti. 

2. Realitis 
Berpikirlah realistis. Jangan idealis. Pilihan jurusan kuliah  mestinya disesuaikan juga dengan kemampun diri kamu, kemampuan orang tua kamu, serta sosial budaya yang ada pada masyarakat. Akan lebih baik jika kamu memilih jurusan kuliah yang sangat dibutuhkan oleh masayarakat. Bukankah tujuan kamu kuliah adalah untuk mendapatkan pekerjaan nantinya? 

3. Informasi yang Akurat 
Agar tidak salah memilih jurusan kuliah, carilah informasi yang akurat dan tepat sebagai pertimbangan dalam menentukan pilihan jurusan kuliahmu. Banyak sekali sumber untuk mencari informasi, semisal: Bapak/Ibu guru, guru BK, saudara/teman/tetangga yang telah lulus atau sedang kuliah, situs website, sosial media, buku panduan, dsb. Semua informasi yang kamu dapat, selanjutnya bisa kamu rangkum dan ambil kesimpulan untuk menentukan jurusan kuliahmu. 

4. Lokasi dan Biaya 
Bagi kamu yang perekonomiannya oke, memilih jurusan kuliah tidak akan menjadi suatu masalah yang mengerikan, tapi bagi yang perekonomian terbatas, memilih jurusan kuliah yang diidamkan akan menjadikan kendala dengan keterbatasan ekonomi tadi. Oleh karena itu, pertimbangkan juga lokasi dan biaya. Kamu bisa mencari jurusan atau tempat kuliah yang sesuai dengan kemampuan finansial, atau mencari tempat kuliah yang nantinya bisa memberi kamu kemudahan  kuliah sambil bekerja. Pikirkan hal ini sejak seakarng. 

5. Daya Tampung Jurusan 
Kamu juga perlu mempertimbangkan persentase peluang untuk bisa diterima, yakni dengan mengetahui daya tampung jurusan kuliah di tempat perguruan tinggi yang kamu cita-citakan, entah itu perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS). 

Memilih jurusan kuliah yang tepat sesuai dengan cita-cita kamu merupakan kebanggan tersendiri. Dengan menerapkan strategi yang saya sebutkan di atas tadi, saya berharap kamu bisa meraih cita-cita kamu. Teruslah semangat belajar dan meraih mimpi sejak sekarang. Sukses menyertaimu selalu. 

0 comments:

Post a Comment