Menjadi Diri Sendiri Itu Lebih Baik Daripada Menjadi Versi Kelas Dua Orang Lain

 


 

"Menjadi diri sendiri namun berupaya keras untuk menjadikan kamu orang lain berarti melakukan usaha yang sukar yang pernah dilakukan manusia, jangan pernah menyerah untuk menjadi pribadi manusia yang lebih baik"

Menjadi diri sendiri seolah-olah sangatlah mudah. Kamu ya kamu, siapa lagi? 

Sialnya, terkadang susah juga untuk menjadi diri sendiri di antara perbedaan karakter manusia di sekitar kita. Kita ingin diterima orang lain tanpa mengubah identitas diri kita. Kita ingin menjadi bagian dari kelompok. Sulit sekali untuk beradaptasi tanpa mengubah kepribadian kita. Bagaimana mengatakan "iya", atau mengatakan "tidak" tanpa merasa bersalah dan tertekan. 

Sejumlah remaja memakain mode pakaian yang sama, mengagumi orang yang sama, musik, film, atau acara TV yang sama. Apakah dirimu juga begitu? 

Pasti sangat menyenangkan sekali bisa menjadi satu di antara banyak orang. Tahu nggak bahwa hak istemewa sepanjang hidup adalah menjadi dirimu sendiri. Selalulah menjadi versi terbaik dirimu sendiri daripada menjadi versi kelas dua orang lain. Kamu itu sangat berharga dan bernilai. Bukannya aku mengajarkan dirimu untuk menjadi narsis lho, aku hanya ingin memotivasi agar dirimu percaya diri. 

Dan telisiklah apa yang spesial pada dirimu. Mungkin kamu memiliki empati tinggi? Suka melucu? Mudah bergaul? Cemerlang dalam akademis? Memiliki suara yang indah? Apapun itu, kembangkan apa yang spesial itu selama positif, dan tunjukkan pada dunia bahwa kamu itu bernilai. 

Dengarkan apa kata orang lain tentang dirimu, tetapi simak dirimu dan percaya pada dirimu, karena mungkin kamu hanya ingin mengikuti jalan hidupmu sendiri. 


Kamu ya kamu, siapa lagi?

0 comments:

Post a Comment