Tips Memilih Jurusan Kuliah




Di era maju seperti ini, orang yang punya minta untuk melanjutkan studi ke bangku kuliah semakin meningkat. Persaingan untuk memasuki perguruan tinggi semakin ketat setiap tahunnya. Setiap orang tentunya memiliki cita-cita memilih jurusan kuliah yang diidam-idamkan, sehingga mereka mati-matian untuk bisa lolos test masuk ke perguruan tinggi. Memilih tempat kuliah itu harus berhati-hati dan penuh pertimbangan, agar tidak menyesal kelak. Agar kamu happy dengan pilihan kuliahmu, pertimbangkan enam tips berikut ini dalam memilih jurusan kuliah yang tepat. 

Bagaimana Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat?

1. Tips pertama. Pastikan pekerjaan yang Anda minati itu apa. 

Kebanyakan siswa memilih jurusan kuliah berdasarkan alasan bidang kerja yang mereka sukai, ada juga hanya karena motivasi untuk mendapatkan gelar. Mungkin Anda sejak lama telah mengimpikan pekerjaan sebagai dokter. Jadi, untuk berkarir sebagai dokter tentu saja Anda harus mengambil jurusan Pendidikan Kedokteran. Pembaca yang terhormat, sekali lagi tanyakan pada diri Anda sendiri terlebih dahulu agar mantap mengambil jurusan kuliah yang tepat, tanyakan:

Pekerjaan yang Anda sukai itu apa, 

Apa saja kelebihan dan kekurangan pada diri Anda dan pengaruhnya pada karir Anda nanti.

Mata pelajaran yang Anda sukai di sekolah itu apa saja 

Hobi dan minat mu itu apa saja. Mempelajari apa yang Anda sukai dapat membuat diri Anda untuk tetap fokus dan termotivasi mendapatkan yang terbaik. 

Pertimbangkan jam kerja yang membuat Anda nyaman itu seperti apa. Kalau Anda pingin jam kerja yang teratur, dari jam 7 pagi sampai jam 2 siang, dan mendapatkan hari libur di hari minggu dan hari libur nasional, menjadi guru adalah pilihan yang tepat. Jadi, kalau Anda ingin menjadi guru, maka Anda mesti mengambil jurusan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 

2. Tips ke dua. Pertimbangkan gaji! 

Kuliah itu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Selain membiayai kewajiban bayaran di Universitas, sebagai mahasiswa Anda mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli buku, mempoto kopi, ngeprint, biaya praktik. Apalagi, kalau mahasiswa yang tinggal di kos, otomatis harus tambah biaya penginapan, makan, dan kebutuhan anak kos lainnya.

3. Tips ke tiga. Temui bagian bidang informasi panitia penerimaan mahasiswa baru. 

Setiap universitas atau perguruan tinggi pastinya memiliki bagian informasi penerimaan mahasiswa baru. Dengan mengunjungi bagian tersebut, Anda dapat menggali informasi yang belum Anda ketahui, semisal berapa biaya kuliahnya, apakah Anda tambahan biaya sks atau tidak, fasilitas yang dimiliki apa saja, prospek lulusan biasanya terjun ke dunia kerja apa saja, dan lain sebagainya.

4. Tips ke empat. Pertimbangkan besar biaya kuliah. 

Kalau  Anda atau keluarga Anda memiliki finansial yang kuat, akan tidak menjadi masalah berapapun biaya yang diwajibkan oleh perguruan tinggi. Namun, hal ini akan menjadi suatu ganjalan bagi yang finansialnya lemah. Oleh karena itu, ketahui berapa biaya kuliah yang nantinya mesti Anda bayarkan, sehingga Anda dapat mencoba berbagai usaha untuk membayarnya, seperti, mendaftar biasiswa atau mencari kerja sampingan.

5. Tips ke lima. Tanya langsung sama mahasiswa yang masih aktif kuliah. 

Kalau Anda punya teman, kenalan, atau tetangga yang masih kuliah, Anda dapat langsung bertanya langsung kepada mereka. Tanyakan saja apa yang ingin Anda tanyakan. Biasanya, mahasiswa yang masih aktif kuliah, pengetahuan tentang dunia kampusnya lebih update dibandingkan yang sudah lulus. Hal ini dikarenakan, perguruan tinggi juga selalu melakukan inovasi untuk mengembangkan kredibilitas civitas akademik mereka.

6. Tips ke enam. Konsultasi sama guru Bimbingan dan Konseling (BK). 

Tidak seperti yang kita bayangkan, guru BK pekerjaannya hanya menangani kasus siswa bermasalah saja. Anda juga harus tahu, guru BK punya segudang informasi dan tips bagaimana memilih jurusan kuliah yang tepat. Mulai dari sekarang, kalau Anda masih sekolah, coba Anda temui guru BK Anda dan minta saran kepada guru BK Anda itu.

Itu tadi enam tips yang berfaedah bagi kamu. Mungkin kamu punya tips yang berbeda dari saya? Bisa tuliskan di kolom komentar lho kalau kamu mau nambahin tips dalam memilih jurusan kuliah. 

0 comments:

Post a Comment