Contoh Terjemahan Bahasa Inggris ke Indonesia dengan Tema Pendidikan




A Portofolio: Hasil Terjemahan Eko Wahyudi

Jangan ragu untuk menggunakan jasa penerjemahan dari Eko Wahyudi. Agar Anda yakin dengan kualitas hasil terjemahan dari saya, berikut ini saya tampilkan contoh hasil terjemahan yang pernah saya tulis untuk klien saya. 

***

Bahasa Sumber: Inggris 

Studying Tourism in the UK for International Students

In 2012 there are some 600 different tourism courses offered across the country by 100 different higher education institutions (UCAS, 2012).Most undergraduate courses  are three year full time but  some take four years and include a year’s paid work placement.  This can be compared with 1993, nearly 20 years ago when there were only 36 institutions of higher education offering undergraduate Tourism degrees.  There is also a wide range of postgraduate courses in Tourism Management and more specialised fields; they last for 12 months for full-time students.

There is a huge variation in the name of undergraduate courses which focus on Tourism and titles range from the straightforward Tourism Management and Tourism and Leisure Studies, to the more specialist Adventure Tourism Management and Food Tourism Management as examples.  Additionally many universities offer Tourism as part of a combined honours degree, where students can study Tourism alongside a range of other subjects as varied as Dance, Digital Media and Psychology.

Tourism as a distinct subject has been taught in British Universities since the 1980s at the undergraduate level. The majority of undergraduate programmes developed out of existing Business based degree courses which then became more specialised in the context of the tourism industry. In terms of the overall aim of Tourism degrees, ultimately graduates in Tourism should be prepared to meet the challenges of the growing and increasingly competitive tourism industry.  This implies that well qualified tourism graduates should be able to offer employers in the sector immediate and highly developed skills and knowledge that will allow their organisations to prosper.  To this end most Tourism degree courses include both theoretical and vocational perspectives, combining courses on the patterns and problems of tourism with those providing the necessary skills of business and management.  Tourism graduates take up posts in a range of careers in both the public and private sectors, including the accommodation and travel sectors, and with local authorities.  Tourism graduates also can consider moving on to complete a postgraduate qualification in tourism or a related field at the same University, or elsewhere, and opportunities exist to study for a research MPhil or PhD.

Indeed the acceleration of supply of postgraduate level Tourism programmes should not be overlooked, first provided in the 1960s and then followed by many more in the attempt to produce high calibre graduates with specialist planning, development and management skills in the context of Tourism.

So why would a student not resident in the UK decide that this was the place to study a degree in Tourism? Clearly the huge range of course and institutions available has to be a major benefit, so whether you prefer to study in a big city environment, or in a town based University with a smaller campus feel, there are Universities to suit all tastes in all locations from the north of Scotland to Southern England and Wales.  As an international student in the UK, you would benefit from improving your written and oral English skills as well as perhaps taking up the opportunity to study a further foreign language as part of your Tourism degree course.  Additionally the opportunity to study alongside students from around the world makes for a culturally rich study experience.  It should also be noted that Tourism degree courses focus additionally of transferable skills such as marketing, business management and IT, skills that are much sought after by other sectors of the economy, highlighting the wider benefits of the Tourism degree.

Improving the employability of students through their degree studies is a huge priority for all British Universities and as studying tourism will focus on many of the key employability skills that are critical to student success, studying Tourism in the UK really has to be the only choice to make.

Sources: 

http://coursefinder.ucas.com/CourseFinderWeb/result.htm- Universities Central Administration Service; accessed 27th June 2012.

Stuart, M (2002) ‘Critical Influences on Tourism as a Subject in UK Higher Education: Lecturer Perspectives’  Journal of  Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 1,1

Stuart-Hoyle, M (2003) ‘The Purpose of Undergraduate Tourism Programmes in the United Kingdom’, Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 2(1)

 Bahasa Target: Indonesia 

Kuliah Ilmu Pariwisata di Inggris untuk Siswa Internasional

Berdasarkan data University and Colleges Admissions Service (UCAS), pada tahun 2012 terdapat 600 Pendidikan Ilmu Pariwisata yang diselenggarakan oleh 100 Lembaga Tinggi Pendidikan di Inggris. Pada umumnya perkuliahan untuk jenjang tingkat Sarjana bisa ditempuh hanya dalam waktu tiga tahun, tetapi ada pula yang empat tahun, dimana yang empat tahun ini terdapat program tambahan satu tahun untuk penempatan kerja, dan asyiknya kamu bisa memperoleh gaji. Hal ini bisa kita bandingkan dengan situasi di tahun 1993, dimana 20 tahun yang lalu negara Inggris hanya memiliki 36 Lembaga Tinggi Pendidikan yang membuka jurusan Sarjana Ilmu Pariwisata. Selain itu, ada juga jurusan Paska Sarjana Manajemen Pariwisata (Tourism Management) dengan bidang spesialisasi. Program jenjang Paska Sarjana ini bisa kamu tempuh hanya dalam waktu 2 tahun.

Ada banyak pilihan Perkuliahan tingkat Sarjana yang fokus pada Ilmu Pariwisata dan gelar pendidikan yang akan kamu peroleh setelah lulus nantinya, mulai dari jurusan Tourism Management and Tourism and Leisure, hingga jurusan yang lebih spesifik untuk dipelajari, sebagai contoh Adventure Tourism Management and Food Tourism Management. Sebagai tambahan, negara Inggris juga memiliki banyak universitas yang menawarkan Ilmu Pariwisata sebagai bagian gelar terhormat yang disandang oleh lulusan. Ada pemberlakuan khusus, dimana siswa bisa mempelajari ilmu pariwisata sambil mempelajari mata kuliah lainnya yang selaras dengan beberapa mata kuliah  lainnya, seperti: Seni Tari, Media Digital, dan Psikologi.

Pendidikan Ilmu Pariwisata merupakan mata kuliah istimewa dan telah diajarkan di banyak Universitas di negara Inggris sejak tahun 1980 an yang ketika itu baru membuka program tingkat Sarjana saja. Sebagian besar program tingkat sarjana dikembangkan di luar dari pendidikan tingkat dasar bisnis yang ada. Tujuan dari diselenggarakanya Pendidikan Pariwisata adalah untuk mencetak lulusan yang siap menghadapi tantangan persaingan dunia bisnis pariwisata yang saat ini sedang tumbuh dan menggeliat secara signifikan. Hal ini menegaskan bahwa lulusan yang berkualitas harus mampu menawarkan bagi perekrut tenaga kerja dengan cara memberikan keahlian dan pengetahuan yang mereka miliki selama kuliah, sehingga mereka bisa memberikan kontribusi kemajuan dan kemakmuran bagi perusahaan di mana mereka bekerja. Akhir-akhir ini, Kebanyakan Penyelenggara Ilmu Pariwisata memasukan pembelajaran teori sekaligus praktek, yang mengkombinasikan pendidikan dengan pola dan permasalahan yang sering muncul dalam bisnis pariwisata sehingga para calon tenaga kerja mampu memberikan keahlian bisnis dan keahlian manajemen pariwisata yang dibutuhkan di dalam dunia kerja nantinya. Lulusan Pendidikan Pariwisata ini dapat mengembangkan masa depanya dengan beragam jenis karir,  baik dalam bidang sektor negeri maupun swasta, termasuk sektor travel dan akomodasi, sekaligus kebijakan lokal daerah. Lulusan Pendidikan Ilmu Pariwisata juga bisa melanjutkan kuliah di Paska Sarjana dalam bidang linier, yaitu pariwisata atau juga bisa melanjutkan ke jurusan terkait lainnya di universitas yang sama atau universitas lainnya, dan mereka bisa memiliki kesempatan untuk belajar melakukan penelitian sehingga bisa memenuhi syarat untuk menyandang gelar Mphil atau PhD. 

Seharusnya  program akselerasi pendidikan pariwisata tingkat sarjana tidak diabaikan. Pertama kali program akselerasi ini dibuka pada tahun 1960 an kemudian diikuti oleh banyak Lembaga Pendidikan Tinggi lainya yang beusaha untuk mencetak lulusan berkualitas tinggi dengan bidang spesialis perencanaan, pengembangan sekaligus managemen kepariwisataan. 

Inilah beberapa alasan mengapa siswa yang berasal dari luar negara Inggris mengambil studi pendidikan pariwisata di sini: Secara jelas ada banyak Lembaga Tinggi Pendidikan yang memberikan keuntungan besar, jadi kembali pada dirimu sendiri apakah kamu pingin kuliah di Universitas yang berada di kota besar atau kota kecil. Itu semua tergantung pada dirimu sendiri, memang kuliah di universitas kota kecil suasana nya terasa beda. Yang jelas  di sini, ada banyak universitas yang mungkin kamu suka, yang mulai berlokasi di Scotland bagian utara serta England and Wales bagian selatan. Sebagai siswa internasional, kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih, seperti bisa menguasai keahlian berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris. Di samping itu, kamu juga bisa belajar bahasa asing lainnya sebagai bagian dari perkuliahan pendidikan pariwiwsata. Sebagai tambahan informasi, kesempatan belajar bersama siswa lain yang berasal dari seluruh penjuru negara bisa mnciptakan pengalaman kekayaan budaya yang menarik. Perlu juga dicatat bahwa pendidikan ilmu pariwisata fokus pada penyediaan keahlian tambahan yang dibutuhkan dalam dunia kerja pariwisata, seperti: marketing, managemen bisnis sekaligus teknologi dan informasi (TI), yang merupakan bagian keahlian yang banyak dicari oleh para sektor bisnis dan ekonomi. Itulah yang menjadi sorotan utama keuntungan yang bisa kamu peroleh jika kamu kuliah di sini.  

Meningkatkan kecakapan tenaga kerja para lulusan melalui gelar studi yang mereka peroleh adalah prioritas utama bagi semua Universitas di Inggris, dan karena kuliah ilmu pariwisata sering fokus pada kunci bagaimana untuk mencetak tenaga kerja yang terampil, sehingga bisa menjadi penyemangat bagi para siswa untuk menjadi orang sukses. Oleh karena itu, satu satu pilihan yang harus kamu putuskan adalah untuk kuliah di jurusan ilmu pariwisata di negara Inggris. 

Referensi
http://coursefinder.ucas.com/CourseFinderWeb/result.htm- Universities Central Administration Service; accessed 27th June 2012. 
Stuart, M (2002) ‘Critical Influences on Tourism as a Subject in UK Higher Education: Lecturer Perspectives’  Journal of  Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 1,1 
Stuart-Hoyle, M (2003) ‘The Purpose of Undergraduate Tourism Programmes in the United Kingdom’, Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 2(1) 

Penerjemah: Eko Wahyudi



***

Bahasa Sumber: Inggris

Business, Administration and Commerce Education in Canada


During the past 30 years, management education has been among the fastest¬ growing of all the disciplines in higher education in Canada.  Almost 20% of all university students enrolled in Canadian universities are in a business related program.

Canadian business and commerce programs emphasize practical skills in addition to the theoretical components of their curricula. Many programs, for example, offer co-op and internship options, which enable students to gain relevant work experience while complet-ing their degree.

Undergraduate programs at Canadian business and commerce schools also acknowledge the importance of possessing multiple skills and global knowledge in order to prosper in the current employ¬ment market. Many business schools encourage students to complete a joint or double degree, which merges business and commerce education with training in another field.

All universities are public institutions, and receive the bulk of their funding from various levels of government.  They all share a high reputation for quality and all must go through a rigorous ongoing accreditation process from their respective provincial governments.  

In addition most schools have accreditations from international bodies, notably AASCB International, EFMD and AMBA.  Canadian schools typically do very well in the numerous rankings conducted by international media and other organizations.

Tuition fees for degree programs are fixed by provincial governments, and vary from 
province to province.  In most jurisdictions fees charged to international students are 
higher than those charged to Canadian residents but in general are significantly less than
fees charged at US  schools.  Many Canadian Business Schools have partnership 
agreements with schools abroad, where students pay fees to their home institution.   

Approximately 70 schools in Canada offer degree programs in at least one aspect of management.   About fifty of these are in English and twenty in French. A number of schools offer courses in both languages.
  • Undergraduate business and com¬merce degrees generally require three or four years of full-time study (depending on the province). The most common undergraduate busi¬ness degrees in Canada are the Bachelor of Commerce (BCom), Bachelor of Business Administration (BBA) and the Bachelor of Manage¬ment (BMgt).
  • Business and commerce programs at the master's level are offered by over 40 Canadian universities. The most common program is the Master of Business Administration (MBA); others include the Master of Applied Science (MASc), Master of Science (MSc), and Master of Management Studies (MMS). Master's degrees generally require two full-time years of study, although increasingly universities are offering general or specialized one-year graduate diplomas.
  • Executive Master of Business Administration (EMBA) programs, which are currently offered by many Canadian business schools, are gaining prominence; they are pro¬grams that enable senior managers to obtain a graduate degree in business.
  • PhD programs, which are usually research degrees, typically take three to five years to complete. Canadian business schools produce about 100 doctoral graduates each year.
  • Executive Development programs are short-term, intensive programs designed for those who are already employed in the management industry.
International students are an invaluable part of Canada’s academic community: they enrich campuses and classrooms by introducing global perspectives into the curricula. 

International students enrolled in Canadian business and commerce programs receive various forms of support from the universities they attend, and all schools offer a wide range of services to help facilitate their integration and enrich their experience in Canada..  Students from abroad are often permitted, depending on the province,  to work on campus while pursing their studies.

The Canadian Federation of Business School Deans (CFBSD), which formed in 1976, works with its members to assist Canadian business schools in providing high-quality education that is relevant and valuable to contemporary management. CFBSD's membership comprises 60 university level business schools, as well as educational and industrial associations


Canadian Federation of Business School Deans (CFBSD)
www.cfbsd.ca

Bahasa Target: Indonesia


Pendidikan Bisnis, Administrasi dan Perdagangan di Kanada


Selama 30 tahun terakhir ini, pendidikan manajemen berada di antara sekian banyak mata perkuliahan di pendidikan tinggi Kanada yang pertumbuhanya paling cepat. Di negara ini, hampir 20% siswa mendaftarkan diri di program studi yang ada kaitanya dengan bisnis dan perdagangan. 

Canadian business and commerce programs emphasize practical skills in addition to the theoretical components of their curricula. Many programs, for example, offer co-op and internship options, which enable students to gain relevant work experience while complet-ing their degree.

Program studi perdagangan dan bisnis Kanada menekankan pada keterampilan praktek sekaligus teori yang sudah terintegerasi di dalam kurikulum pendidikan. Banyak pilihan program yang ditawarkan, semisal: program magang dan ikatan dinas, yang memungkinkan siswa bisa memperoleh pengalaman kerja yang relefan sambil menuntaskan perkuliahan mereka untuk mendapatkan gelar pendidikan. 

Program sarjana di kampus perdagangan dan bisnis Kanada membenarkan betapa pentingnya penguasaan lebih dari satu keahlian (multiple skills) dan pengetahuan dunia (global knowledge) agar bisa menjamin kemakmuran dan kemajuan pasar perekrtut tenaga kerja. Banyak sekolah bisnis yang mendorong para siswanya biar bisa memperoleh gelar pendidikan ganda (double degree), yaitu dengan cara menggabungkan pendidikan perdagangan sekaligus pendidikan bisnis dengan menerapkan pelatihan di bidang lainnya. 

Di sini, semua universitas merupakan bagian dari lembaga masyarakat dan kami menerima pendanaan yang cukup besar. Dana tersebut kami peroleh  dari berbagai tingkat lembaga pemerintahan. Mereka semua membagikan reputasi tinggi untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang bagus dan mereka semua harus melangkah ke depan melalui kerasnya proses akreditasi kampus yang berlangsung secara terus menerus dari penilaian pemerintah provinsi. 

Sebagai tambahan informasi, sebagian besar kampus di sini memperoleh akreditasi dari badan internasional, yaitu International AASCB (American Assembly of Collegiate Schools of Business) , EFMD (Euoropean Federation of Management Development) dan AMBA (Association of Master of Business and Administration). Kampus yang kami miliki, bisa berhasil mendapatkan sejumlah prestasi. Prestasu tersebut kami peroleh dari publikasi media internasional serta organisasi internasional lainnya. 

Biaya pendidikan bagi program tingkat sarjana diatur oleh pemerintah provinsi, dan biayanya bisa berbeda beda dari provinsi satu dengan provinsi lainnya. Kebanyakan biaya yurisdiksi dikenakan bagi siswa yang berasal dari luar negara kanada yang harganya lebih mahal dibandingkan penduduk asli Kanada, tetapi secara umum jika dibandingkan dengan biaya pendidikan yang ada di kampus negara USA, di sini tentu saja lebih murah. Banyak Sekolah Bisnis Kanada memiliki hubungan kerja dengan sekolah luar negeri, dimana siswa membayar biaya pendidikan ke lembaga pendidikan di mana mereka aslinya berasal. 

Kira-kira ada 70 sekolah di Kanada yang menawarkan program gelar sarjana, paling sedikit satu aspek manajemen. Sekitar lima puluh dari tujuh puluh sekolah bisnis itu sebagian besar berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris dan sisanya, 20 persen berbicara bahasa Perancis. Sejumlah Sekolah Bisnis juga menerapkan ke dua bahasa ini. 

  • Program Sarjana Perdagangan dan Bisnis secara umum bisa mennyandang gelarnya dengan menempuh studi selama tiga atau empat tahun (tergantung pada provinsi yang akan kalian tempati nantinya). Gelar sarjana yang paling umum diperoleh di Kanada adalah: Bachelor of Commerce (Bcom), Bachelor of Business Administration (BBA) dan Bachelor of Management (BMgt). 
  • Di sini, lebih dari 40 Universitas juga menawarkan program studi paska sarjana dengan spesialis perdagangan dan bisnis. Program studi yang ada di sini antara lain: Master of Business Administration (MBA); Master of Applied Science (MASc), Master of Science (MSc), dan ada pula Master of Management Studies (MMS). Gelar Master bisa ditempuh dalam waktu dua tahun saja, meskipun ada beberapa universitas yang membuka program spesialist dalam waktu tempuh hanya satu tahun saja. 
  • Program studi Executive Master of Business Administration (EMBA) yang baru baru ini ditawarkan oleh Sekolah Bisnis Kanada, memperoleh penghargaan. Program studi yang ada di sini memungkinkan senior manager memperoleh gelar sarjana bisnis. 
  • Program studi khusus PhD yang biasanya mensyaratkan pengadaan penelitian untuk melengkapi persyaratan penuh biar bisa menyandang gelar doktoral, secara tekhis lama studinya ditempuh antara kurun waktu tiga hingga lima tahun. Sekolah Bisnis Kanada telah mencetak sekitar 100 lulusan doktoral setiap tahunnya. 
  • Ada pula program studi yang ditempuh dalam waktu yang cukup singkat, yaitu Executive Development Program. Program studi ini didesain secara intensive bagi kamu – kamu yang siap ditempatkan di manjemen perusahaan. 

Siswa internasional, termasuk kamu, merupakan bagian yang sangat berharga bagi komunitas akademik di negara Kanada: keberadaan dirimu di sini bisa memperkaya nuansa perkampusan dan ruang kelas dengan mengenalkan pandangan global ke dalam kurikulum pendidikan yang telah terintegrasikan di sini. 

Banyak sekali siswa yang berasal dari berbagai pemjuru dunia mendaftarkan diri di program studi perdagangan dan bisnis Kanada, dan mereka memperoleh berbagai bentuk dukungan dari universitas yang mereka daftar, kemudian universitas-universitas tersebut juga menyediakan berbagai jenis fasilitas dan pelayanan untuk membantu mereka dalam memperoleh kenyamanan dan prestasi dalam belajar, serta memperkaya pengalaman mereka selama tinggal di Kanada. Ada kabar baik buat kamu: kamu nanti di sini juga bisa mendapatkan ijin untuk bekerja di kampus sambil kalian kuliah, tapi ini juga tergantung pada provinsi di mana kamu tinggal nantinya. 

CFBSD (Canadian Federattion of Business School Deans) atau Persatuan Dekan Sekolah Bisnis Kanada yang dibentuk pada tahun 1976 bekerjasama dengan anggotanya untuk membantu Sekolah Bisnis Kanada dalam menyediakan pendidikan dengan mutu tinggi yang tentunya sangat relefan dan bermanfaat bagi dunia management yang lebih modern saat ini. Anggota CFBSD terdiri dari 60 Universitas selevel Sekolah Bisnis sekaligus asosiasi perindustrian dan pendidikan. 


Canadian Federation of Business School Deans (CFBSD)
www.cfbsd.ca
Penerjemah: Eko Wahyudi