Kisi Kisi dan Prediksi Soal UN Bahasa Inggris 2019




Pada  Selasa, 27 November 2018, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menerbitkan Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019. Baik kisi- kisi UN maupun USBN dipayungi oleh Surat Keputusan BSNP Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi UN dan Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi USBN.

Kisi-kisi adalah landasan pengembangan dan pembuatan naskah soal ujian, baik soal USBN maupun soal UN. Karenanya kisi-kisi disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.



Kisi- kisi yang dikeluarkan oleh BSNP pada tahun 2019 ini khususnya mata pelajaran bahasa Inggris SMK memang tidak berbeda jauh dari tahun sebelumnya, bahkan bisa dibilang sama. Tiga tingkatan level kognitif dalam kisi- kisi yaitu pengetahuan dan pemahaman, aplikasi dan penalaran yang akan memacu siswa menyelesaikan soal- soal sesuai dengan tingkatan tersebut. Plus penerapan soal yang berorientasi pada penalaran atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).





Format soal Ujian Nasional bahasa Inggris dari tahun ke tahun relatif sama, dengan pemetaan jumlah soal ujian nasional bahasa Inggris biasanya sejumlah lima puluh soal terdiri dari dua bagian utama yaitu listening section dan reading section. Untuk listening section, kita mengenal soal pictures sejumlah tiga soal, questions and answers berjumlah empat soal, short conversations empat soal, dan short talks dengan empat soal.

Pada bagian reading section terdiri dari tiga puluh lima soal yang terbagi menjadi bagian incomplete dialogues, reading text dan incomplete text.

Merunut pada kisi- kisi yang telah dikeluarkan oleh BSNP tahun 2019, kita disodori materi yang mencakup jenis- jenis teks lisan untuk materi  fungsi sosial dan struktur teks yaitu
Interaksi transaksional/ interpersonal tertulis antara lain memuji, menawarkan, menyarankan, dsb. Biasanya interaksi transaksional/ interpersonal berupa soal dengan tipe dialog.
Teks fungsional pendek seperti announcement, notice, label.
Teks descriptive, recount, procedure, report
Biasana soal interaksi transaksional/ interpersonal tertulis (memuji, menawarkan, menyarankan, dsb.) berupa soal dengan tipe dialog. Sedangkan untuk teks fungsional pendek dan teks seperti descriptive, recount, procedure, dan report berupa teks reading.


Namun tidak menutup kemungkinan, materi- materi yang akan keluar di soal UN 2019 akan berkembang, artinya tidak hanya sebatas materi tercantum diatas. Karenanya anda juga harus mempelajari materi- materi yang lain misalnya dalam teks fungsional pendek, atau dalam interaksi transaksional/ interpersonal lainnya.

Berdasarkan fungsi sosial, pertanyaan seputar teks- teks tersebut diatas, dapat mencakup:

  • topik/isu/masalah
  • tujuan/fungsi/pesan
  • latar belakang/alasan
  • akibat/dampak/manfaat
  • sikap/nilai yang diusung
  • peran dan fungsi pembicara/penulis
  • peran dan fungsi pendengar/pembaca
  • konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)

Sebagai tips saja, anda mesti mengenal dan menguasai  jenis- jenis soal reading teks  untuk menyelesaikan soal- soal bertipe reading teks.

Dalam unsur kebahasaan, kita bisa memilah materi berdasarkan cakupan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan isi teks lisan dan tertulis. Sangat sulit memang untuk langsung memetakannya dari kisi- kisi soal yang ada, tetapi untuk lebih mempermudah dalam pembagian materinya, baik secara unsur kebahasan maupun yang lain, anda bisa memperhatikan pada tabel berikut ini.


0 comments:

Post a Comment