Strategi Menjawab Soal Listening UN Bahasa Inggris SMK


Listening (Mendengarkan) 

Menangkap makna
dalam wacana lisan transaksional,interpersonal, dan monolog secara formal maupun informal dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Banyak siswa merasa ragu ketika diperdengarkan teks yang diucapkan oleh penutur asli bahasa Inggris. Siswa merasa penutur asli berbicara terlalu cepat dan kurang jelas. Masalah sesungguhnya bukanlah pada cara penutur asli berbicara, tapi pada "pembiasaan yang seharusnya dilakukan siswa untuk belajar mendengarkan bahasa Inggris". 

Pada kesempatan kali ini, Pak Eko akan menjelaskan cara-cara mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis informasi dalam bentuk lisan.

A. Menentukan Pernyataan yang Sesuai dengan Deskripsi dalam Gambar yang disajikan 

Pada bagian ini kamu disajikan gambar yang menunjukkan sistuasi tertentu dan diperdengarkan empat (4) pernyataan yang mendeskripsikan gambar tersebut. Oleh karena itu, kamu perlu belajar memahami situasi yang terdapat pada setiap gambar agar dapat memilih pernyataan yang tepat.

Untuk mempermudah dalam mengerjakan soal, kamu dapat memperhatikan gambar sebelum mulai mendengarkan soal listening dan mempertanyakan hal-hal berikut:

  1. Jika di dalam gambar terdapat manusia, coba kamu tebak: siapa orang di dalam gambar, jenis kelamin orang di dalam gambar, jumlah orang di dalam gambar, orang itu sedang melakukan kegiatan apa, bagaimana ciri-ciri fisik orang tersebut, dan bagaimana pakaian yang dikenakan oleh orang di dalam gambar. 
  2. Amati di mana tempat/setting di dalam gambar. 
  3. Jika gambar menunjukkan benda, maka kamu harus mengamati apa nama benda tersebut, berapa jumlah benda tersebut, bagaimana ukuran bernda tersebut, dan bagaimana posisi benda tersebut. 

LISTENING SECTION 
[Terjemahan: TEST MENDENGARKAN]

In this section of the test, you will have the chance to show how well you understand spoken English. There are four parts to this section, with special directions for each part.
[Terjemahan
 Pada sesi test ini, kamu akan memiliki kesempatan untuk membuktikan seberapa baik kamu memahami bahasa Inggris yang diperdengarkan.] 

Part I 
Pictures
Questions 1 to 3
[Terjemahan: Bagian 1. Gambar. Soal nomor 1 sampai 3] 

Directions: 
For each item, there is a picture in your test book and four short statements about in on the tape. They are spoken two times, and are not written out on your test book, so you must listen carefully. You must choose one statement - (A), (B), (C), (D) - that best describes the picture. Then, on your answer sheet, mark your choice.
[Terjemahan 
Petunjuk: 
Tiap satu butir soal, ada sebuah gambar di lembar soal kamu dan empat pernyataan pendek akan diperdengarkan lewat audio. Ke empat pernyataan tersebut akan diperdengarkan sebanyak dua kali, dan tidak tertulis di lembar soal kamu, jadi kamu harus mendengarkan dengan hati-hati. Kamu harus memilih satu pernyataan -(A), (B), (C), atau (D) yang menurutmu paling tepat untuk mendeskripsikan gambar tersebut. Kemudian, lingkari jawaban mu itu di lembar jawab.]

Example:
Look at the picture and listen to the four sentences.
[Terjemahan
Contoh: 
Perhatikan gambar dan dengarkan empat kalimat]
Latihan Soal Listening UN SMK 2016

A. 
B.
C.
D. 

A. The man is wearing a tie
B. The woman is wearing a jacket
C. The woman is wearing a hat
D. They are both wearing glasses

Narrator: Choice (A) - "The man is wearing a tie" - best describes what is seen in the picture. Therefore, you should mark (A) on your answer sheet.

Strategi dan penjelasan: 
Amati gambar tersebut dengan baik. Gali informasi gambar tersebut! Dari ke empat pilihan pernyataan yang diperdengarkan yang paling sesuai untuk mendeskripsikan gambar tersebut adalah (A). The man is wearing a tie [Pria itu sedang mengenakan dasi.] => BENAR

B. The woman is wearing a jacket. [ Perempuan itu sedang mengenakan jaket. ] => SALAH

C. The woman is wearing a hat. [Perempuan itu sedang mengenakan topi.] => SALAH

D. They are both wearing glasses. [Kedua orang itu sedang mengenakan kacamata.] => SALAH

0 comments:

Post a Comment