Tips Belajar Bahasa Inggris untuk pemula









Menguasai Bahasa Inggris bisa dikatakan gampang-gampang susah. Gampang apabila kita ditakdirkan memiliki bakat. Apabila Tuhan sudah menggariskan takdir kita sebagai ahli Bahasa Inggris, tanpa belajar pun kita bisa berbahasa Inggris dengan lancar. Sebaliknya, Bahasa Inggris terasa susah jika kita ditakdirkan tidak memiliki bakat Bahasa Inggris. Meskipun demikian, Anda jangan putus asa. Segala bentuk kesulitan merupakan tantangan yang bisa kita atasi. Begitu pula dalam belajar Bahasa Inggris. Anda bisa menguasai Bahasa Inggris apabila Anda bersungguh-sungguh ingin belajar, dan mau menjalankan tips-tips di bawah ini. 

Pada dasarnya kita dapat menguasai suatu bahasa dikarenakan kebiasaan. Saya yakin, dalam kehidupan sehari-hari Anda berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Jawa atau Bahasa Indonesia. Coba Anda renungkan. Ketika Anda masih berusia 6 tahun Anda sudah bisa menggunakan Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia bukan? Apakah Anda mendapat kan pelajaran Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia ketika Anda berusia 6 tahun? Jawabannya tidak. Lingkunganlah yang memicu kita bisa berbahasa Jawa dan Bahasa Indonesia secara alami. Semenjak kita bayi, Ibu dan Ayah mengajak kita berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia, sehingga tanpa belajarpun kita bisa menggunakan bahasa tersebut. Dalam ilmu Bahasa, Bahasa Jawa yang sering kita gunakan ini disebut dengan "mother tongue" atau Bahasa Indonesia. Yaitu Bahasa pertama, yang kita dapatkan dari keluarga. Sekarang Anda paham bukan? 

Inilah tips belajar Bahasa Inggris: 
1. Dengarkan audio (suara) berbahasa Inggris. 
Image result for movie
a. Dengarkan radio berbahasa Inggris
b. Tonton acara TV berbahasa Inggris
c. Tonton film berbahasa Inggris 

2. Buatlah kelompok pertemanan Bahasa Inggris 
Image result for english club activity in school
a. Buatlah percakapan Bahasa Inggris 
b. Praktek dialog Bahasa Inggris 
c. Gunakan textbook Bahasa Inggris 

3. Baca cerita atau artikel Bahasa Inggris 
Image result for jakarta post newspaper
a. Bacalah buku cerita Bahasa Inggris 
b. Bacalah majalah Bahasa Inggris 
c. Bacalah berita atau artikel Bahasa Inggris online 
d. Baca iklan, pengumuman, label Bahasa Inggris

4. Catat kata kata baru 

Milikilah sebuah buku catatan khusus. Buku ini digunakan untuk mencatat kata-kata baru yang Anda temui dalam Bahasa Inggris. Catatlah kata-kata tersebut secara urut alphabetical nya (A-Z) sehingga dapat mempermudah diri Anda ketika ingin mencari arti kata itu lagi. Untuk meningkatkan kreatifitas berpikir Anda, tulislah kalimat dari setiap kata itu. 
Contoh: 

word 
responsibility [noun/kt. benda]= tanggung jawab

sentence
The servant in a restaurant has a responsibility to serve food and beverage to the customers. 
Pelayan di sebuah restoran memiliki tanggung jawab untuk menyajikan makanan dan minuman kepada pelanggan. 

5. Catatlah diary dalam Bahasa Inggris 

Untuk meningkatkan keterampilan menulismu dalam Bahasa Inggris, Anda sebaiknya mencatat kejadian kejadian yang Anda alami dalam kehidupan sehari-hari.  

6. Carilah penutur asli Bahasa Inggris


Langkah terakhir ini adalah tips paling terjitu untuk menguasai Bahasa Inggris. Dengan berbaur langsung dengan penutur asli Bahasa Inggris (bule), secara tidak sadar, Anda akan menguasi segala aspek keterampilan Bahasa Inggris (berbicara, mendengar, membaca, dan menulis). Kalau Anda kuat secara finansial, Anda lebih baik pergi ke luar negeri selama beberapa bulan atau beberapa tahun. Negara yang sangat reccomended untuk dikunjungi adalah: Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya, dan Australia. Kalau uang tidak mencukupi, Anda dapat mencari pertukaran bahasa (language exchange) di internet, atau pergi ke tempat pariwisata untuk mencari bule. 




0 comments:

Post a Comment